Jakarta – 25 contoh soal teks deskriptif kelas 11 beserta jawaban lengkap.  Di bawah ini adalah contoh soal teks deskriptif yang harus dipraktikkan siswa. Soal ini dapat digunakan untuk melatih keterampilan siswa sebelum tes bahasa Inggris.

Seperti diketahui, teks deskriptif merupakan salah satu mata pelajaran kursus bahasa Inggris. Teks berisi cerita fiksi yang dimaksudkan untuk menghibur pembaca.

Sebuah teks narasi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Orientasi (Introduction), Kompleksitas (Problem) dan Solusi (Problem Solution). Teks jenis ini sering dijumpai dalam dongeng, cerita rakyat atau karya fiksi.

25 Contoh Soal dan Jawaban Teks Deskriptif Singkat karya Okazone pada Jumat (6/12/2024). 

1. Apa yang dimaksud dengan kejelasan teks deskriptif? A. Pemecahan Masalahb. Kisah C. Nilai Moral D. Jawaban : a 

2. Struktur Umum Teks Narasi… a. Kompleksitas, Kejelasan dan Orientasi. b Kejelasan, orientasi dan komplikasi. c Orientasi, penyelesaian dan keterikatan. D. Orientasi, komplikasi dan solusi. Jawaban: d

3. Apa yang dimaksud dengan teks deskriptif? A. Sebuah cerita untuk hiburan/hiburan masyarakat. b Dia bercerita tentang pengalaman masa lalu. c cerita lucu d. Kisah nyata Jawaban : a

4. Teks tersebut membahas tentang apa? Kelinci dan Kura-kura Suatu hari kelinci sedang berlari kencang di hutan. Dia menertawakan kura-kura yang terlalu lambat. Yang mengejutkan kelinci, kura-kura menantangnya untuk berlomba. Kelinci menganggap ini lelucon yang bagus dan menerima tantangan itu. Rubah akan menjadi wasit.  Saat perlombaan dimulai, kelinci berlari jauh di depan kura-kura, seperti yang diperkirakan semua orang. Kelinci mencapai setengah jalan dan tidak dapat melihat kura-kura dimanapun. Dia kepanasan dan lelah dan memutuskan untuk berhenti dan tidur siang. Selama ini kura-kura berjalan dengan langkah-langkah. Tidak peduli seberapa panas atau lelahnya dia, dia tidak berhenti bekerja. Dia terus berjalan. Namun, kelinci itu tertidur dan terbangun lebih dari yang dia kira. Dia tidak melihat kura-kura itu dimanapun! Dia berjalan ke garis finis hanya untuk menemukan seekor kura-kura menunggunya. A- teks recount B- teks narasi C- teks deskriptif D- teks deklaratif Jawaban: c

5. Struktur umum manakah yang kita gunakan untuk menyampaikan informasi tentang karakter, waktu, dan tempat dalam sebuah cerita? A. Orientasib. Kompleksitas c. Resolusi d. Reorientasi/Coda

6. Menurut Anda di mana cerita tersebut terjadi? Beruang dan dua temannya Suatu hari dua orang teman sedang berjalan-jalan di hutan. Mereka tahu bahwa segala sesuatu yang berbahaya bisa menimpa mereka kapan saja di hutan. Jadi mereka berjanji satu sama lain untuk bersatu jika ada bahaya.

Tiba-tiba mereka melihat seekor beruang besar mendekati sarangnya. Seorang teman segera memanjat pohon terdekat. Tetapi yang lain tidak tahu cara memanjatnya. Karena dibimbing oleh akal sehat, dia berbaring terengah-engah di tanah dan berpura-pura mati.

Beruang itu mendekati pria yang tergeletak di tanah. Dia mengendus telinganya dan perlahan meninggalkan tempat itu. Karena beruang itu tidak menyentuhnya, maka teman yang ada di pohon itu turun dan bertanya kepada temannya yang ada di tanah, “Teman, apa yang dikatakan teman yang lain itu kepadamu, ‘Dia menasehatiku agar tidak beriman?’” Salah teman.

A. Di sungai b. C di taman. Di hutan d. Di kebun binatang, jawaban: c

7. Bacalah teks di bawah ini! Marah Suatu hari ada seorang anak laki-laki yang mempunyai sifat pemarah. Ayahnya memberinya sekantong paku dan mengatakan kepadanya bahwa setiap kali dia marah, dia harus menancapkan paku ke bagian belakang pagar.

Pada hari pertama, anak laki-laki tersebut menancapkan 37 paku ke pagar. Selama beberapa minggu berikutnya, saat dia belajar mengendalikan amarahnya, jumlah paku yang dipalu setiap hari berangsur-angsur berkurang. Dia menyadari bahwa lebih mudah menahan amarahnya daripada menancapkan paku ke pagar. Akhirnya, tibalah saatnya anak laki-laki itu tidak pingsan sama sekali. Dia memberi tahu ayahnya tentang hal ini, dan sang ayah menyarankan agar anak laki-laki itu sekarang menancapkan paku setiap hari untuk mengendalikan amarahnya.

Hari-hari berlalu dan akhirnya anak laki-laki itu dapat memberi tahu ayahnya bahwa semua paku telah terlepas. Sang ayah meraih tangan putranya dan membawanya ke halaman. Dia berkata, “Bagus sekali, Nak, tapi lihatlah lubang-lubang di pagar itu. Pagar itu tidak akan pernah sama lagi. Saat kamu berbicara dalam kemarahan, mereka akan meninggalkan luka seperti itu. Kamu bisa menusukkan pisau ke pintu rumah seseorang dan menariknya.” keluar. Hapus.” Tidak peduli berapa kali kamu meminta maaf.

Pesan apa yang bisa kita petik dari cerita ini? A. Kita harus menghormati orang tua kita b. Masyarakat harus saling meminta maaf c. Bocah itu akhirnya bisa mengendalikan amarahnya. Jawaban: d.

8. Susunlah kalimat-kalimat campur aduk ini untuk membuat teks deskriptif yang bermakna. 1. Ketika dia kembali ke rumah, ayahnya mengatakan kepadanya bahwa jika dia mau membantu para penambang menggali, mereka akan membeli garamnya. 2. Kemudian orang tersebut pergi ke rumah tempat perkawinan dilangsungkan. 3. Ada orang bodoh yang diutus ayahnya untuk menjual garam. 4. Dia menggali lubang besar di sana. 5. Dia pertama kali pergi ke area pertambangan tapi tidak ada yang menginginkan garamnya. 6. Hal ini membuat marah orang-orang dan mereka mengejarnya. Susunan terbaiknya adalah… A. 3-5-1-2-4-6 B. 1-2-3-5-4-6 C. 5-6-3-1-3-4 D. 6- 1- 3-5-2 – 4 Jawaban : a

9. Bacalah teks di bawah ini! Pada suatu ketika hiduplah seekor kelinci di hutan bersama seekor singa. Singa itu sangat bangga. Dia menatap kelinci itu. Dia sering menghina dan memukulinya. Kelinci tidak tahan lagi. Dia memutuskan untuk menggunakan tipuan untuk menyingkirkan singa itu.

Suatu hari, kelinci mendatangi singa dan berkata, “Selamat pagi, tuan!” Aku baru saja melihat makhluk yang mirip denganmu. Dia mengatakan bahwa dia adalah raja dari semua binatang di hutan ini. Dia meminta kita semua untuk menaati-Nya dan menjadi hamba-Nya. “Kau tidak memberitahunya tentang aku?” Singa mengaum dan kelinci berkata, “Ya, benar.” Aku memberitahunya betapa kuatnya kamu, tapi dia bilang tidak ada hewan yang sekuat dia. Singa sangat marah dan mengaum, “Di mana dia? Dimana dia?” Singa berlari ke dalam sumur dan memandang dengan marah ke dalam air. “Ya, itu dia,” teriaknya. Dia mendatangi musuhnya di dalam sumur dan tenggelam. Singa yang malang! (Apa yang dia katakan kepada musuh itu apakah dia benar-benar terpantul di air.)

Apa judul teks terbaik? A- Singh yang malang. B- Singa yang bangga. c Kelinci yang pintar D. Singa dan kelinci. Jawaban: d

10. Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaan 10-13! Ada 3 orang petani jagung yang tinggal di suatu negara bagian. Ketiga petani itu cerdas dan pekerja keras. Dalam satu musim, tiga orang petani harus menghadapi masalah hama di lahan mereka. Panen jagung mereka terancam gagal.

Untuk mengatasi masalah ini, petani terlebih dahulu menggunakan pestisida. Petani lain membuat kandang di sekeliling ladangnya untuk mencegah masuknya hama. Petani ketiga mencoba membuat orang-orangan sawah. Semua tidak berguna

Kemudian raja memanggil tiga orang petani. Raja memberi setiap orang sebatang tongkat dan meminta mereka mematahkannya. Tongkat mudah patah. Kemudian raja memberinya seratus batang kayu, dan dia mengalami kesulitan dalam mematahkan ketiganya. Raja berkata: Ketika kamu bekerja sendiri, kamu lemah, tetapi bersama-sama kamu menjadi kuat. Ketiga petani tersebut bekerja sama, menciptakan strategi bersama dan berhasil. Kita mengetahui dari teks bahwa yang dilakukan oleh tiga orang petani… a. Mengolah ladang sendiri b. Menjual produk di pasar c. Mengumpulkan kayu d. Bekerja di bidang lain Jawaban: A 11. Bagaimana perjuangan petani di daerah tersebut? Cerita? A. Tiga petani dengan raja b. Tiga petani mempunyai hasil panen yang baik c. Desa tersebut menantang tiga petani D. Ketiga petani tersebut gagal membantu tanamannya. Jawaban: d

12. Cerita mengajarkan kita…. A. Latihan membuat sempurna b. Shakti adalah, c. Kerja keras adalah kunci kesuksesan d. Seorang raja selalu benar: b

13. Bagaimana ketiga petani tersebut mengatasi permasalahannya? A. Bekerja sendirib. Meminta bantuan raja c. Bekerja sama d. Gunakan strategi yang sama Jawaban: c

14. Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaan 14-17! Rubah dan anggur

Suatu sore seekor rubah sedang berjalan di hutan dan melihat seikat buah anggur tergantung di dahan yang panjang. Sesuatu untuk memuaskan dahagaku, pikirnya. Rubah itu mundur beberapa langkah dan melompat, kehilangan sulur yang menggantung. Rubah kembali mundur beberapa langkah dan mencoba menangkap mereka tetapi sekali lagi gagal.

Akhirnya menyerah, rubah mengangkat hidungnya dan berkata, “Mungkin rasanya asam,” dan melanjutkan perjalanannya. Apa tujuan teks tersebut? A. Menceritakan tentang usaha rubah B. C menunjukkan jalan buah anggur. Gambaran umum tentang serigala d. menghibur pembaca dengan dongeng Jawaban: d.

15. Kita mengetahui dari teks bahwa ….. a. Seekor rubah sedang berjalan di sungai ketika dia melihat buah anggur. b Rubah bekerja sangat keras dan berhasil. Dia ingin makan banyak buah anggur karena lapar Jawaban: c

16. Apa pendapat rubah tentang buah anggur pada akhirnya? A. B baru Shireen P. asam d. Jawaban Testis: c

17. Apa pesan moral dari cerita di atas?

A. Menyerah jika terjadi kegagalan adalah hal yang wajar. b Tidak ada sesuatu pun yang diperoleh dengan mudah tanpa kerja keras. c Anda harus percaya pada kemampuan Anda D. Percaya diri adalah kunci kesuksesan Anda.

18. Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaan 18-20!

Dahulu kala hiduplah seorang raja bernama Raden Putra dari kerajaan Kediri. Dia suka adu ayam. Salah satu istrinya memberitahunya bahwa ratu telah meracuni makanannya. Raja sangat marah. Tanpa pikir panjang, ia memerintahkan prajuritnya untuk membawa ratu ke hutan dan membunuhnya. Namun para prajurit merasa kasihan padanya, yang sedang hamil pada saat itu, sehingga mereka tidak membunuhnya.

Ketika ratu melahirkan seorang putra, dia menamainya Sindh Laras. Pada usia 15 tahun dia mempunyai seekor ayam jantan. Sindh Lars juga menyukai sabung ayam. Ayamnya kuat, jadi dia memenangkan semua pertarungan. Mendengar hal tersebut, raja mengundang Sindh Lars ke istana untuk sabung ayam. Dalam suatu pertarungan, ayam jagonya dapat dengan mudah mengalahkan ayam jagoan raja. Semua orang terkejut ketika Ayam Sindh Laras berkata, “Cockledodo, saya Ayam Sindh Laras yang tinggal di hutan, putra Raden putra”.

Raja sangat terkejut. Sindh Laras menceritakan kepadanya bahwa ia adalah anak seorang ratu yang kini tinggal di hutan. Hal ini membuat raja menyesali keputusan bodohnya. Raja menyesali keputusan bodohnya.  Kemudian raja menemui ratu di hutan. Kemudian dia membawa mereka kembali ke istana dan menghukum istrinya yang jahat.

Apa yang disampaikan teks ini kepada kita? A. Putra Sinde Larus b Roden. c Sabung ayam d. Raja Kerajaan Kediri. Jawaban: A

19. Mengapa tentara membawa ratu ke hutan? A- Karena para prajurit tidak menyukai Ratu. B- Karena prajurit raja ditanya. C- Karena ratu menuangkan racun pada raja. D- Karena ratu ingin tinggal di hutan. Jawaban:B

20. Apa yang bisa kita pelajari dari cerita ini? A- Bijaksanalah dalam setiap keputusan. b) Kejujuran adalah sikap terbaik dalam hidup kita. C- Kesabaran akan memberi kita kehidupan yang damai. D- Jangan khawatir tentang masa depanmu. Jawaban: A

21. Paragraf terakhir dalam teks narasi disebut? A. Orientasi/Deskripsi b. Kompleksitas c. Resolusi d. Kode Pengalihan/Respon: d

22. Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal 22-25! Ada 3 orang petani jagung yang tinggal di suatu negara bagian. Ketiga petani itu cerdas dan pekerja keras. Dalam satu musim, tiga orang petani harus menghadapi masalah hama di lahan mereka. Panen jagung mereka terancam gagal. Untuk mengatasi masalah ini, petani terlebih dahulu menggunakan pestisida. Petani lain membuat kandang di sekeliling ladangnya untuk mencegah masuknya hama. Petani ketiga mencoba membuat orang-orangan sawah. Setelah semuanya sia-sia raja memanggil tiga orang petani. Raja memberi setiap orang sebatang tongkat dan meminta mereka mematahkannya. Tongkat mudah patah. Kemudian raja memberinya seratus batang kayu, dan dia mengalami kesulitan dalam mematahkan ketiganya. Raja berkata: Ketika kamu bekerja sendiri, kamu lemah, tetapi bersama-sama kamu menjadi kuat. Ketiga petani tersebut bekerja sama, menciptakan strategi bersama dan berhasil. Melalui ketiga petani ini kita mengetahui teksnya? A. Pengolahan sawah b. Menjual produk di pasar c. Mengumpulkan kayu d. Bekerja di bidang lain Jawaban: a.

23. Bagaimana perjuangan para petani dalam cerita tersebut? A. Tiga petani dengan raja b. Tiga petani mempunyai hasil panen yang baik c. Desa menantang tiga petani D. Tiga petani gagal membantu tanamannya. Jawaban: d

24. Apa yang diajarkan cerita ini kepada kita? A. Latihan membuat sempurna b. Shakti adalah, c. Kerja keras adalah kunci kesuksesan d. Seorang raja selalu benar: b

25. Bagaimana ketiga petani tersebut mengatasi permasalahannya?  A. Bekerja sendirib. Meminta bantuan raja c. bekerja sama D. menggunakan strategi yang sama Jawaban: c

(khayali)

(khayali)