JAKARTA – Pendidikan berkualitas menjadi kunci mewujudkan impian Indonesia Emas 2045. Pemerintah berupaya mempercepat transformasi sektor pendidikan, menjawab kebutuhan zaman, dan mencetak generasi yang berdaya saing. panggung dunia.
Salah satu strategi yang dilakukan adalah menggandeng pihak swasta untuk berpartisipasi dalam pendidikan berkualitas dengan harapan dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat.
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Abdul Muti mengatakan, pencapaian Indonesia Emas 2045 merupakan upaya bersama yang melibatkan seluruh elemen bangsa.
“Indonesia Emas 2045 menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya pemerintah, tapi dukungan seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya, Kamis (19/12/2024).
Ia menekankan pentingnya pendidikan berkualitas di semua jenjang pendidikan untuk mewujudkan visi tersebut. Oleh karena itu, ditekankan pada dua aspek pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, yaitu. menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi standar, serta meningkatkan kualitas tenaga kependidikan dan guru.
Sektor swasta merupakan mitra penting dalam mendukung pembangunan pendidikan. Abdul Muti menjelaskan, pemerintah memberikan ruang bagi kerja sama pihak swasta untuk menjamin akses pendidikan berkualitas di Indonesia.
“Partisipasi universal ini memerlukan peran swasta sebagai mitra, bukan sebagai pesaing,” tambahnya.
Kami berharap kerja sama ini dapat mengatasi berbagai tantangan di bidang pendidikan, terutama di daerah yang kekurangan infrastruktur dan tenaga pengajar yang berkualitas.
Salah satu bentuk dukungan sektor swasta adalah penyediaan PAUD berbasis masyarakat. Saat ini sebagian besar lembaga Taman Kanak-Kanak (K) di Indonesia berada pada pihak swasta dibandingkan pemerintah.
Terkait program Satu Desa Satu PAUD, pemerintah membuka peluang pengembangan PAUD yang selama ini belum ada.
“Jika ada organisasi masyarakat atau swasta yang berorganisasi, kami akan memberikan endorsement sebagai bagian untuk memberikan ruang partisipasi masyarakat,” ujarnya.
Program ini merupakan upaya pemerintah untuk memastikan anak-anak Indonesia memulai pendidikannya pada usia muda, dengan fokus khusus pada penyediaan pendidikan berkualitas yang setara di daerah-daerah yang sulit dijangkau.
Melalui kolaborasi erat antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Transformasi pendidikan di Indonesia diharapkan bisa lebih cepat dan menyeluruh.
Zahra Indah Safira
(fbn)