JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) siap memastikan kelancaran operasional jaringan telekomunikasi pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, kata Menteri Komunikasi dan Pendidikan Tinggi Meutya Hafid. Menkominfo mengatakan pihaknya siap sesuai instruksi yang diberikan Presiden Prabowo Subanto.
Presiden Prabowo secara khusus menugaskan para menterinya untuk menjamin kelangsungan pelayanan publik, termasuk kelancaran arus mudik dan libur Natal, kata Mutya Hafid dalam keterangan resmi.
Meutya Kemkomdigi mengungkapkan melalui media sosial @pmt.komdigi telah membuka layanan pengaduan masyarakat. Masyarakat dapat menggunakan layanan ini pada libur Natal dan Tahun Baru apabila terjadi gangguan pada jaringan telekomunikasi.
“Comdigi siap menangani pengaduan terkait jaringan komunikasi. Kami berkomitmen memberikan kenyamanan masyarakat selama libur Natal melalui layanan komunikasi yang stabil dan aman,” ujarnya.
Menkominfo mengapresiasi kerja sama antarkementerian, khususnya dengan Kementerian PANRB, untuk memastikan layanan dasar publik seperti transportasi, kesehatan, dan keamanan tetap berfungsi selama masa libur ini.
Sementara itu, MenPANRB Rini Vidyantini mengatakan pihaknya telah menerbitkan surat edaran no.2024. 6 diminta untuk menjamin ketersediaan pelayanan dasar publik kepada instansi pemerintah tingkat pusat dan daerah. Salah satu hal yang disoroti adalah cuti pegawai harus dikelola secara selektif agar tidak mengganggu pelayanan publik.
Melalui langkah tersebut, Meutya Hafid berharap masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan santai dan terkoneksi tanpa kendala.
(dka)