JAKARTA – Untuk mendukung pengembangan industri game lokal dan permainan dalam negeri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) meluncurkan Game Asset Nusantara (GANA) dan Gana Asset Store Platform “Bangga Bermain Permainan Daerah” merupakan bagian dari program yang berlangsung pada Senin (7/10/2024) di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri.
Menurut situs resminya, GANA atau Game Asset Nusantara adalah platform aset gaming bertema budaya Indonesia. Dibangun pada tahun 2023, GANA bertujuan untuk menjadi bagian dari budaya Indonesia melalui media gaming.
GANA merupakan inovasi hasil kolaborasi BRIN, Persatuan Game Indonesia dan Nuon Games yang bertujuan untuk memperkuat bidang industri hiburan seperti game lokal dan ekosistemnya.
“Jadi Game Asset Nusantara ini merupakan kerjasama antara BRIN, pihak asosiasi dan juga Nuon. Inisiatif ini sangat bagus karena berasal dari daerah dimana kami dapat membantu mempercepat proses pengembangan game melalui Game Asset Nusantara,” kata Aris Sadevo. CEO Nuon Digital Indonesia.
Aris mengatakan GANA tidak hanya membantu pengembang game, tetapi juga pembuat konten individu.
“Tidak hanya membantu para pengembang game, namun individu sebagai pembuat konten juga dapat mengunggah karyanya untuk digunakan dalam pengembangan game dan keperluan lainnya seiring dengan meningkatnya komersialisasi di masa depan,” tambah Aris.
Tidak hanya membantu proyek kreatif, namun GANA menciptakan pasar bagi para pencipta untuk menjual dan mendistribusikan aset mereka sehingga hak cipta dapat dieksploitasi secara komersial, sehingga menciptakan ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.
Dalam acara ini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mencoba berbagai permainan lokal yang dipamerkan. Sebanyak tujuh permainan karya anak negeri yang bisa dicoba dalam acara ini: Kejora karya Berangin Kreatif, Warteg Gelora-Restaurant Sim oleh MEGAXUS, Paw Rumble oleh GrisSmile Studio dan Nuon Games, DreadHaunt oleh Digital Happines dan Agate X Nuon Permainan: , Latto Latto 3D Clackers Master karya sendiri, Lokapala karya Anantarupa Studios dan Enter Pak Eko karya Gambir Game Studio.
“Yang paling penting manfaatnya untuk nasionalisme, sekarang dengan permainan lokal bersama pahlawan super nasional, pariwisata nasional dan lokal Indonesia. “Ini alat promosi yang bagus dan akan meningkatkan rasa nasionalisme kita,” kata Menteri Dalam Negeri Tito usai pertandingan dibuka.
(dka)