JAKARTA – Industri e-commerce siap memanfaatkan Hari Belanja Nasional. Sepanjang tahun 2024, mereka terus mempersiapkan game-game mereka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok Shop untuk mendapatkan pengguna baru.

Industri e-commerce mengubah aktivitas belanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Banyak inovasi dan program teknologi yang diperkenalkan oleh perusahaan e-commerce yang terus membantu memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan ramah pengguna.

Di sisi lain, pelanggan juga merupakan bagian penting dalam membangun organisasi e-commerce yang berkelanjutan. Tanpa basis pengguna yang kuat, tidak mungkin terjadi transaksi jual beli antara pedagang dan konsumen.

Namun, memuaskan dan mempertahankan pelanggan setia memerlukan pendekatan yang lebih komprehensif. Perusahaan e-commerce harus mampu berubah sesuai dengan perilaku dan kebutuhan pelanggan guna memberikan pengalaman belanja online terbaik berdasarkan kebutuhan individu.

“Terlihat para pelaku e-business berlomba-lomba melalui teknologi dan program baru untuk menarik hati masyarakat,” kata Direktur Eksekutif Ipsos Indonesia Andi Sukma, Kamis (31/10/2024).

Survei yang dilakukan Ipsos menunjukkan pentingnya inovasi e-commerce dalam menarik pelanggan. Apalagi untuk menyambut kemeriahan penjualan akhir tahun yang akan meningkatkan motivasi dan antusiasme masyarakat dalam berbelanja online, kepuasan pelanggan menjadi faktor penting yang harus dipersiapkan oleh perusahaan e-business untuk bersaing di periode penting ini.