SEMARANG – Menteri Infrastruktur dan Pembangunan Daerah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Menteri Pekerjaan Umum (PU) Doddy Hanggodo hari ini meninjau proyek Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1, kawasan Genuk, Kota Semarang. 1. Penggunaan bambu
Lebih dari separuh jalan sepanjang 10,6 km menggunakan tikar bambu. Panjang tikar bambu yang digunakan 6,2 km, saat ini sudah selesai dibangun sepanjang 5,2 km.
“Jadi (yang pakai tikar bambu) ada sekitar 1 kilometer yang harus selesai, sudah bisa diselesaikan,” kata AHY di lokasi pekerjaan jalan, Sabtu (11/1/2025).
Namun, meski dipasang tikar bambu, pengerjaannya tidak bisa langsung dilakukan. Pasalnya, masih membutuhkan waktu 425 hari bagi material bambu yang diikat menjadi matras untuk memperkuat material di atasnya, termasuk tanah pengisi. 2. Inovasi yang dilakukan warga
AHY mengatakan, teknik kasur bambu ini merupakan karya kreatif menarik yang dilakukan anak negeri. Dijelaskannya, produk bambu tersebut dibuat dengan menggunakan teknik lain, antara lain mixing dan lading. Akar bambu diikat dengan tali nilon berukuran 8mm, sebelum dilakukan proses pemadatan atau peletakan bahan akar.
“Pekerjaan ini memerlukan konsistensi dan kesabaran. “Kami akan susun tol seksi 1 (Kaligawe (Semarang) – Sayung (Demak) pada tahun 2027 dan akan selesai, Insya Allah kami berharap tidak ada force majeure dll,” lanjut AHY.
Total kebutuhan bambu untuk alas jalan sebanyak 7.384.798 batang. Bambu diimpor dengan detail; dari provinsi jawa tengah yaitu Kab. Tembakau Temanggung 480.000, Kab. Magelang 3.405.425, Salatiga 120.000 unit, Kab. Blora 1.000.000 batang, Kab. Wonosobo 3.513.100 batang, Kabupaten Banjarnegara 611.000 batang, Kab. Grobogan 557.000 batang.
Selain itu, sebanyak 628.000 batang berasal dari Kabupaten Gunungkidul (DIY). Dari Provinsi Jawa Barat yaitu; Kecamatan Ottone 1.247.240 dan Kabupaten Garut 1.641.266. 4. Jumlah pegawai
Jumlah pegawai rinciannya 3.441 orang; Provinsi Jawa Barat 708 orang, Provinsi Jawa Tengah 1.501 orang, Provinsi Jawa Timur 488 orang, DKI 6 orang, Banten 340 orang, Kalimantan Tengah 155 orang, Kalimantan Barat 243 orang. Pekerja kasur bambu saat ini 564 orang, cek ada Tersisa 1 km pada bagian yang akan dipasang tikar bambu. 5. Terdapat kolam renang
Ruas ini akan diberikan retribusi jalan dan penyangga untuk mengurangi dampak banjir. Selain itu, ruas tol ini juga telah terhubung dengan bendungan air berukuran besar yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan banjir di kawasan tersebut.
Lanjutnya, “Populasi kita akan bertambah, termasuk transportasi, dengan mengurangi kemacetan dan meningkatkan kecepatan lalu lintas.”
“Jalan mati ini terhubung dengan tembok laut. Diharapkan dapat mengatasi permasalahan banjir yang setiap tahun dapat menimpa masyarakat di pantai utara. Tetapkan jadwalnya. “Membuat masyarakat Semarang dan Demak merasa tenang dan nyaman karena terlindungi dari bahaya air laut,” lanjutnya. 6. Nilai suatu karya
Pekerjaan bagian 1 dinilai; Paket 1a bernilai Rp2,02 triliun, paket 1b bernilai Rp6 triliun lebih karena jembatan sedang dibangun, dan paket 1c bernilai sekitar Rp2 triliun total Rp10,8 triliun. Saat ini ruas Seksi 2 yakni di Sayung – Demak telah selesai 100% dan mulai beroperasi pada tahun 2023. (Eka Setiawan)
(Feby Novalio)