JAKARTA – Cara pengecekan penerima PIP Kemdikbud 2024 mulai SD hingga SMA. Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan inisiatif pemerintah yang memberikan dukungan dalam bentuk uang tunai, perluasan akses pendidikan dan kesempatan belajar kepada siswa dari keluarga miskin atau rentan.

Tujuan utama program ini adalah memastikan setiap anak, khususnya masyarakat kurang mampu, dapat memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas.

PIP diperuntukkan bagi anak usia 6 sampai 21 tahun yang berhak menerima tunjangan pendidikan hingga berhasil menyelesaikan sekolah. Selain itu, program ini mendukung mahasiswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, memberikan mereka kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahap ketiga dijadwalkan berlangsung pada Oktober hingga Desember 2024. Pada periode terakhir penarikan tahun ini, penerima manfaat PIP harus segera mengecek status penarikannya melalui berbagai jalur resmi seperti situs resmi, terkait aplikasi atau ketika mereka mengunjungi bank yang ditentukan. Namun perlu diketahui bahwa proses pencairan dana tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari proses verifikasi data dan transfer dana ke rekening masing-masing siswa.

Siswa dan orang tua yang ingin mengecek status penerimaan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 dapat mengakses situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di https://pip.kemdikbud.go.id/ Berikut langkah-langkah yang tertera di sana. untuk dengan mudah memeriksa status penerima PIP:

Kunjungi website https://pip.kemdikbud.go.id/: Pertama, buka browser pada perangkat Anda dan masukkan alamat resmi website PIP.

Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan): NIK dapat ditemukan pada Kartu Keluarga (KK). Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar tanpa kesalahan.