JAKARTA – PT XL Axiata mampu menjaga kualitas layanan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025 dengan rata-rata trafik layanan pada periode Nataru pada 24 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 meningkat 19% dibandingkan hari biasa.

Peningkatan lalu lintas jasa maksimum terjadi di kota resor Sarangan pada malam tahun baru mencapai 208% dibandingkan kondisi normal siang hari. Sesuai ekspektasi, layanan streaming mendominasi pertumbuhan trafik layanan seperti tahun lalu. Sementara layanan suara mengalami penurunan sebesar 15%, layanan SMS tumbuh sebesar 11% dibandingkan hari normal.

 “Dahulu kami di XL Axiata mengembangkan jaringan untuk memudahkan dan mempertahankan pelanggan di masa libur panjang Natal. Hal ini akan menjaga kualitas dan kemudahan layanan XL Axiata di masa libur panjang Natal. Ini komitmen yang harus dijaga,” tegas XL Direktur dan Pimpinan Axiata. Chief Technology Officer, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya.

“Dan seperti yang kita prediksi sebelumnya, trafik data akan meningkat signifikan mengingat semakin meningkatnya pergerakan masyarakat dari satu daerah ke daerah lain untuk merayakan dan menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Itu memang terjadi.”

Dengan langkah-langkah terencana yang dilakukan, kualitas jaringan XL Axiata tetap prima selama libur Natal. Langkah-langkah tersebut antara lain peningkatan kapasitas sebanyak 2 kali lipat, penerapan Mobile BTS (MBTS), penggelaran generator kaya bahan bakar di daerah rawan bencana serta rekayasa pengalihan jaringan listrik di daerah yang terganggu untuk membawanya ke lingkungan jaringan. Termasuk persiapan.

Data XL Axiata menunjukkan tingginya aktivitas digital konsumen bahkan saat libur Natal. Lalu lintas data di kawasan pemukiman Djibutibek dan kota-kota besar lainnya terus meningkat sekitar 18% dibandingkan hari normal. Secara nasional, peningkatan trafik terbesar terjadi di Kabupaten Lombok Timur naik 34%, disusul Kabupaten Lombok Tengah naik 31%, dan Kabupaten Bogor naik 23%.

Berdasarkan provinsi, pertumbuhan lalu lintas tertinggi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur yang meningkat sebesar 21%, disusul Jawa Timur sebesar 18%, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah sebesar 17%. Terjadi peningkatan sebesar 16% untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.  Rata-rata, lalu lintas meningkat sebesar 13% di Sumatera dan 15% di Sulawesi.

Bahkan di lokasi wisata terpopuler, lalu lintas data meningkat secara signifikan.  Kawasan Malioboro, Yogyakarta, trafik data meningkat 115% dibandingkan hari normal. Di wilayah Serangan, Jawa Timur, lalu lintas meningkat sebesar 208 persen tahun ini. Sedangkan Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur tumbuh 6,49%, Bromo Jawa Timur 294%, Pantai Kuta dekat Badung Bali 67%, Puncak Bogor 50%, Danau Toba 106%. 

Jumlah pelanggan XL Axiata yang bepergian ke luar negeri untuk memanfaatkan program XL Axiata selama libur Natal mencapai hampir 500 ribu atau meningkat hampir 7% dibandingkan tahun lalu. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia.

Dominasi streaming.

Dari total trafik layanan data selama periode Natal, trafik dari layanan atau aktivitas streaming mendominasi, disusul web browsing dan akses file. Trafik layanan streaming meningkat sebesar 28% dibandingkan trafik normal harian, sedangkan trafik game meningkat sebesar 49%.

Khusus beberapa platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat 6% dibandingkan hari biasa, Instagram 20%. Pada layanan berbagi video, lalu lintas di YouTube tumbuh sebesar 18%, TikTok sebesar 31%. Pada layanan perpesanan, lalu lintas WhatsApp tumbuh sebesar 11%.

Selain itu, trafik streaming musik meningkat sebesar 21% dibandingkan hari biasa. Untuk gaming, FreeFire memiliki trafik tertinggi sebesar 105% dibandingkan hari-hari biasa. Kemudian Roblox tumbuh sebesar 88% dan Mobile Legends sebesar 22%. Pada layanan streaming film, trafik video meningkat 137% dibandingkan hari biasa, Viu 106%, dan Netflix 98%. Dan biasanya pada musim liburan panjang, trafik layanan peta juga meningkat. GPS Waze tumbuh 24% dan Google Maps tumbuh 18%, sementara lalu lintas Apple Map serupa dengan hari biasa.

Layanan XL SATU juga mengalami peningkatan trafik sebesar 5% dibandingkan hari normal, sedangkan layanan First Media juga mengalami peningkatan sebesar 2%. Pasalnya, banyak orang juga yang menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru di rumah.

XL Axiata saat ini memiliki lebih dari 58,6 juta pelanggan dan didukung lebih dari 165 ribu BTS yang sebagian besar merupakan BTS 4G, serta jaringan backbone fiber optic sepanjang lebih dari 190 ribu kilometer yang mendukung perluasan jaringan data. Di sebagian besar semenanjung Indonesia. XL Axiata terus melakukan investasi pada jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan pertumbuhan trafik layanan data yang terus berlanjut.  

(dka)