JAKARTA – Pertumbuhan industri waralaba Indonesia terus menunjukkan tren positif selama beberapa tahun terakhir. Asosiasi Waralaba Indonesia (AFI) mencatat pertumbuhan industri ini mencapai rata-rata 10-15% per tahun sejak tahun 2019.
Sektor makanan dan minuman merupakan industri waralaba dengan kontribusi terbesar berdasarkan data Kementerian Perdagangan. Industri waralaba juga menyumbang 1,9% terhadap PDB, sektor makanan dan minuman menyumbang 58,37%, dan ritel 15,31%.
Dengan keadaan perekonomian yang semakin stabil dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat, semakin banyak pula pengusaha yang tertarik memasuki dunia usaha melalui model waralaba. Tidak hanya merek lokal, banyak merek internasional yang melihat potensi besar di pasar Indonesia.
Salah satu yang melihat potensi tersebut adalah industri waralaba minuman Tiongkok. Peluang di industri ini masih begitu besar sehingga banyak pengusaha yang berminat.
“Melihat pesatnya perkembangan bisnis kami, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk bergabung dan membuka bisnis Bingxue,” kata anggota tim franchise Bingxue Indonesia, Andrew, Jumat (6/9/2024).
Brand Bingxue asal China telah membuka lebih dari 200 cabang dalam waktu kurang dari setahun. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan pada industri waralaba minuman di Indonesia.