Bagi banyak orang, keberadaan AC bukan satu-satunya fungsi menyebarkan wewangian atau parfum di dalam ruangan, misalnya di rumah. Melainkan sebagai semacam pengobatan atau cara bersantai sejenak sambil menghirup wanginya.
Nah, tahukah Anda kalau tidur itu berkaitan dengan ingatan? Jadi, ketika Anda mencium aroma tertentu, bisakah otak mentransfer ingatan ke waktu, tempat, atau emosi tertentu?
Misalnya aroma laut yang mengingatkan kembali kenangan liburan indah, atau aroma melati yang mengingatkan kembali kenangan liburan di Bali? Foto: Okeson/Praditha
Hubungan kuat antara penciuman dan ingatan tertanam kuat dalam jiwa manusia. Selama sembilan dekade terakhir, penelitian telah mengeksplorasi hubungan erat antara tidur dan ingatan.
Parfum dapat menggunakan ingatan dan keadaan emosi seseorang untuk menciptakan respons emosional langsung. Aroma mengaktifkan bagian otak yang berperan dalam pembentukan memori.
Saat kita mencium sesuatu, otak langsung memproses bau tersebut dengan emosi dan ingatan yang tersimpan. Karena indera penciuman mengaktifkan bagian otak yang mengendalikan emosi, maka bau suatu tempat seringkali mengingatkan kita akan rasa sesuatu yang berada di tempat yang sama.
Bicara soal pengharum ruangan, menariknya masyarakat mulai melirik lebih spesifik pada wewangian bunga, termasuk bunga khas Indonesia seperti melati Bali. Aroma bunga melati yang terkenal dengan ketenangan dan ketentramannya, tak heran jika banyak digunakan dalam aromaterapi sehingga menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menciptakan suasana lebih nyaman di rumah.
“Kami mencoba mendengarkan suara pelanggan, masyarakat Indonesia. Apa yang paling kamu sukai? “Melalui riset internal kami, masyarakat kini menyukai wewangian bunga,” jelas Felix Centana, brand head Stella, saat ditemui Okesone di acara peluncuran Stella Balinese Jasmine Sensation di Sanur, Bali baru-baru ini. Foto: Okeson/ Praditha
Melati Bali ini memiliki wangi bunga berwarna putih yang dibuat khusus dan membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun untuk membangkitkan kenangan hari raya yang selalu meninggalkan kesan tersendiri bagi banyak orang, lanjutnya.
Berdasarkan hasil Survei Konsumen Stella tahun 2024, hampir 60 persen konsumen menunjukkan bahwa aroma bunga adalah aroma favorit mereka, dengan aroma melati dan lavender menempati urutan kedua.
Felix juga menambahkan bahwa melati merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia.
“Kami memilih melati untuk wewangian pertama kami, terinspirasi dari suasana Bali, karena bunga melati ini merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Sebuah cara untuk membuat Anda merasa lebih nyaman saat berada di ruang tamu atau kamar tidur Anda, serta sebagai menciptakan suasana yang meningkatkan relaksasi. “Jadi ini wewangian bunga. Bukan hanya itu,” tutupnya.
(berhenti sebentar)