Pentingnya Merahasiakan OTP & 3 tips agar tetap aware terhadap penipuan

OTP adalah istilah yang sering kali kita dengar dan kita lihat saat melakukan login di sebuah aplikasi atau pada saat melakukan transaksi. Tahukah Sobat Topin? OTP adalah singkatan dari One Time Password, yang jika diartikan ke dalam bahasa indonesia, berarti kata sandi satu kali, atau dikenal juga sebagai PIN satu kali. Sesuai namanya, kode otorisasi satu kali atau kata sandi dinamis, adalah kata sandi yang hanya berlaku untuk satu sesi login atau transaksi. 

Pada sistem komputer atau perangkat digital lainnya. OTP ini adalah kode verifikasi sekali pakai, berupa angka yang dikirimkan ke email ataupun sms. Dan biasanya berupa empat hingga enam digit angka maupun karakter acak. Kode OTP ini biasanya hanya berlaku 5 sampai 6 menit setelah menerima kode tersebut, supaya kode OTP tidak disalahgunakan pihak tidak bertanggung jawab.

Untuk mengenal lebih jauh tentang OTP yuk kenali seperti apa sih karakteristik OTP itu:

  • Hanya bisa digunakan satu kali
  • Biasanya berbentuk angka dan karakter
  • Tidak bisa digunakan dalam durasi waktu yang panjang
  • Umumnya digunakan untuk melindungi kegiatan yang bersifat transaksi atau keuangan
  • Umumnya digunakan juga sebagai proteksi akun pada saat login dan juga sebagai bagian dari upaya autentikasi 2 faktor
  • Bersifat sangat rahasia dan tidak boleh disebarkan luaskan kepada siapapun, saking rahasianya, pihak perusahaan pengembang aplikasi pun bahkan tidak boleh tahu

Terkadang proses verifikasi ini dimanfaatkan oleh penipu untuk melancarkan aksinya. Maka dari itu Sobat Topin harus tahu, tipe-tipe kode verifikasi itu apa aja sih? Yuk cek daftar di bawah:

  1. Kode verifikasi OTP SMS

Kode verifikasi OTP SMS ini sering kali kita temukan pada saat kita akan melakukan login ke suatu aplikasi ataupun pada saat melakukan transaksi online. Verifikasi OTP seperti ini bentuknya berupa angka atau bahkan ada yang berupa alfabet acak

  1. Kode verifikasi OTP Link/URL

Kode Verifikasi OTP Link ini digunakan untuk login ke aplikasi untuk lebih cepat dan aman. Hanya dengan mengunjungi link tersebut kamu sudah dapat melakukan login ke aplikasi/akunmu

  1. Kode verifikasi OTP Panggilan Suara

Kode Verifikasi OTP Panggilan Suara ini merupakan metode verifikasi menggunakan sambungan telepon. Pada sambungan telepon tersebut akan disampaikan kode verifikasi kepada kita dan berulang sebanyak 3 kali

Bagaimana sih cara kerja OTP?

Cara kerja OTP bisa dibilang cukup sederhana. Biasanya proses ini akan terjadi secara otomatis dan dalam hitungan menit. Ketika kita melakukan login ke suatu aplikasi, ataupun ketika kita sedang melakukan transaksi online. Kedua tahap ini adalah proses yang bersifat krusial. Jika autentikasi kode OTP tidak diterapkan, maka pengguna lain bisa saja login ke akun kita dan melakukan transaksi tanpa ada penjagaan ataupun keamanan yang ketat. 

Fungsi OTP disini adalah sebagai pembuktian bahwa kamu adalah pemilik akun yang sebenarnya dan juga bahwa kamu menyadari bahwa kamu sedang melakukan transaksi online. Jika kamu menggunakan aplikasi yang memerlukan OTP, maka kode OTP akan dikirimkan secara otomatis ke email dan nomor yang terdaftar sebelumnya.

Selanjutnya, kamu akan menerima kode OTP berupa 6/4 angka ataupun berupa karakter acak. Setelah itu, kamu hanya perlu memasukkan kode yang kamu terima ke dalam aplikasi tersebut. Proses autentikasi akan terjadi secara otomatis saat kamu memasukan kode. Bahkan, saat ini di beberapa smartphone kode OTP bisa diinput secara otomatis setelah SMS OTP diterima, tanpa harus membuka SMS.

baca juga : 3 tips mengatur keuangan warung supaya makin cuan

Langkah OTP dengan T.O.P
Langkah Pencegahan T.O.P

Terus kenapa sih OTP itu bersifat sangat rahasia?

Umumnya, kode OTP memang bersifat sangat rahasia dan jangka pendek, hanya sekitar 5 sampai 6 menit saja. Tetapi jika kode tersebut dibocorkan kepada siapapun, dan bahkan orang yang tidak kamu kenal sama sekali, kamu mungkin akan kehilangan akun kamu dan mengalami kerugian. Itulah kenapa OTP digunakan, khususnya untuk menghindari adanya penyalahgunaan akun dan juga kejahatan pembajakan kode rahasia yang sering disebut juga OTP Fraud. 

Sangat penting untuk Sobat Topin mengetahui cara yang tepat untuk melindungi kamu dari kejahatan OTP fraud ini. Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melindungi kode OTP dan juga data kamu:

  1. Tetap Teliti dan waspada

OTP bersifat sangat rahasia, kamu tidak perlu memberi tahu kepada siapapun, bahkan pihak penyelenggara/CS dari aplikasi maupun karyawan perusahaan tersebut. Caranya adalah dengan mengecek pada Caller ID dari panggilan tersebut. Biasanya bank maupun perusahaan resmi tidak pernah dan tidak akan menghubungi consumen atau pelanggannya menggunakan nomor pribadi. Dan sebenarnya tidak ada kasus dimana bank dan aplikasi akan membutuhkan kode OTP kalian.

  1. Gunakan koneksi yang aman saat bertransaksi

Koneksi internet yang tidak aman juga bisa menjadi sumber kebocoran kode OTP kalian. Bagaimana ceritanya? Terkadang pihak yang tidak bertanggung jawab ini akan menggunakan koneksi internet yang ada di tempat umum untuk mencuri data dan mengakses perangkat kamu. Maka jika koneksi yang kamu gunakan tidak aman, hacker akan dengan mudah menyalin data yang kamu masukan ke perangkat kamu.

  1. Lindungi dirimu dari modus penipuan Berhadiah dan meminta kode OTP

Modus penipuan saat ini semakin beragam, pastikan kalian harus jeli dan berhati-hati jangan sampai kalian yang menjadi korban. Yuk simak cara kerja modus para penipu supaya kamu terhindar dari penipuan:

Penipu yang mengatasnamakan Topindopay biasanya menghubungi kamu melalui nomor telepon atau aplikasi chat dengan nomor pribadi yang tidak diketahui. Dan mengaku-ngaku bahwa mereka adalah tim dari TopindoPay.

Tips: Tetap tenang dan ingat bahwa TopindoPay hanya akan menghubungimu melalui akun sosial media resmi yang tertera di akhir halaman ini.

Untuk melancarkan aksinya, Penipu akan meminta kode verifikasi OTP atau data pribadi kalian seperti password, PIN akses dan PIN transaksi dengan alasan kamu memenangkan hadiah undian atau berupa hadiah dari TopindoPay.

Tips: Abaikan saja, jangan memberikan kode verifikasi (OTP) kepada siapapun. Bahkan kepada CS Official TopindoPay. Dan TopindoPay tidak akan pernah meminta kode Verifikasi (OTP), Password, atau PIN.

Dengan memiliki kode Verifikasi (OTP) atau data diri pribadimu, penipu bisa login ke akun TopindoPay & menyalahgunakan data.

Tips: Jika kamu tidak sengaja memberikan kode verifikasi (OTP) atau data diri pribadi kepada seseorang, tetap tenang & hubungi CS Topindopay, melalui pesan Whatsapp 082148819988. Agar akun kamu bisa segera diblokir untuk menjaga keamanan.

Ingat, jangan pernah memberikan kode verifikasi (OTP) ataupun password ke siapa pun. TopindoPay tidak pernah meminta kode verifikasi (OTP) atau data pribadi kalian & hanya akan menghubungimu melalui akun media sosial resmi.

Tips: Tingkatkan keamanan akun dengan mengubah password, PIN Akses dan PIN transaksi secara berkala.

Berikut akun resmi TopindoPay : 

Facebook : @topindoPayskw 

Instagram : @topindopayskw 

Twitter : @topindopayskw

TikTok : @topindopayskw

Leave a Comment