JAKARTA – Calon gubernur nomor urut 1 Jakarta Rizwan Kamil (RK) mengatakan city branding merupakan hak prerogratif setiap gubernur yang memimpin. Misalnya saja dari Anis Basvida hingga Hero Sobat Hortono pada periode kepemimpinan sebelumnya.
Pada tahun 1990-an, branding kota ini adalah “Kota Kerjasama Jakarta Plus”, kemudian Jakarta berhasil ketika Hiro Budi menjadi penjabat gubernur Jakarta.
“Iya city branding itu pilihan masing-masing gubernur. Pak Pahlawan, apa ini (Jakarta sukses),” kata RK kepada wartawan di Jakarta Barat, Kamis (24/10/2024).
Saat ini, jika nanti terpilih, branding kota Jakarta akan sama dengan semboyan calon nomor urut 1, yakni “Jakarta Baru, Jakarta Maju”.
Jadi poin awalnya slogan kami konsisten dengan Takbir, Jakarta Baru, Jakarta Maju, ”ujarnya.
RK menjelaskan, slogan tersebut sejalan dengan status Jakarta sebagai kota global. Dikatakannya, Jakarta baru bukan lagi ibu kota, tapi Jakarta berkembang karena sudah mendunia. Jadi menurut saya pasti ada semangat kerjasama.
(dinding)