Jakarta – Telkomsel mencatat peningkatan trafik broadband selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025 sebesar 17,95% dibandingkan rata-rata harian tahun 2024. Natal kali ini, trafik broadband meningkat 19,50% dibandingkan tahun lalu.
Total trafik layanan data (payload) mencapai 1.895 petabyte pada bulan Desember, meningkat 19,41% dibandingkan tahun lalu. 1. Traffic aktivitas digital akan meningkat
Sebagian besar aktivitas digital pelanggan juga mengalami pertumbuhan trafik di berbagai layanan, seperti game online sebesar 68,74%, layanan komunikasi (pesan instan dan konferensi video) sebesar 37,97%, media sosial sebesar 34,55%, video streaming sebesar 30, sebesar 42%. . %, dan e-commerce hingga 40,01%.
Sedangkan lima aplikasi dengan pertumbuhan trafik tertinggi selama periode Natal adalah Instagram (47,09%), WhatsApp (44,01%), TikTok (31,13%), Facebook (29,60%) dan YouTube (26,01%). .
Trafik layanan SMS Telkomsel lebih tinggi 37,09% dibandingkan hari normal. Pada saat yang sama, layanan suara mengalami penurunan sebesar 1,28%.
Selain itu, sejumlah wilayah mengalami peningkatan trafik data yang signifikan dibandingkan rata-rata harian, seperti Sumatera dengan peningkatan lebih dari 20%, Jabotabek-Jawa Barat dengan peningkatan lebih dari 14%, serta Jawa dan Bali dengan peningkatan trafik data lebih dari 14%. peningkatan 18%. , serta Kalimantan dan Indonesia Timur tumbuh lebih dari 16%.
“Hasil pencapaian trafik broadband ini menunjukkan komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan konektivitas yang andal dan inovatif sejalan dengan visi perusahaan sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka di kawasan,” ujar Corporate Communications dan Vice President Social Responsibility Telkomsel. , Saki H Bramono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/1/2025).
Saki mengatakan: “Dengan semangat membuka segala kemungkinan, Telkomsel membantu masyarakat Indonesia untuk maju dengan mengoptimalkan jaringan melalui teknologi terdepan dan layanan bernilai tambah yang memenuhi kebutuhan pelanggan di momen penting Natal ini. ” kata Saki.
2. Lalu lintas konsumen saat Natal
Selain itu, pergerakan pelanggan Telkomsel terbesar terjadi di tiga wilayah saat Natal, yakni Jawa Tengah – DIY tambah pelanggan lebih dari 200.000, Sambagot tambah pelanggan lebih dari 150.000, dan Jawa Barat tambah. Lebih dari 120 ribu pelanggan.
Telkomsel juga mengidentifikasi beberapa destinasi wisata yang menjadi fokus aktivitas digital konsumen pada periode Natal 2024/2025, antara lain Pantai Kuta di Bali dengan bobot 115,56 terabyte, Wisata Kota Batu di Jawa Timur dengan 68,83 Terabyte, dan kawasan liburan. Sipanas/Kota Kembang di Jawa Barat sebesar 56,28 terabyte.
“Selama musim Natal, Telecomcel menunjukkan komitmen kami untuk terus memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman digital yang lancar. Kami akan selalu memastikan keandalan jaringan dan inovasi produk untuk menjaga pelanggan tetap terhubung dan produktif pada Natal dan Tahun Baru ini. kata Saki.
(B)