JAKARTA – Telkomsel memperkenalkan Telco Verify, solusi otentikasi inovatif yang dirancang untuk memberikan pengalaman digital yang aman dan efisien kepada penggunanya. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.
Telco Verify, yang sebelumnya dikenal sebagai Mobile Network Verify (MNV) mulai tahun 2022, hadir dengan nama baru yang lebih mencerminkan fitur dan manfaatnya. Solusi ini memberikan proses verifikasi yang lebih aman serta otentikasi yang lebih cepat dan lancar bagi pelanggan layanan perusahaan dari berbagai sektor industri. Solusi Telco Verify memungkinkan otentikasi pengguna secara otomatis (verifikasi senyap) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kata sandi satu kali (OTP).
Hal ini dapat mengurangi risiko akun pengguna dibajak melalui rekayasa sosial atau pembagian OTP yang tidak disengaja. Solusi ini tidak hanya andal dan efisien, tetapi juga mempercepat proses autentikasi serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat menggunakan layanan digital yang disediakan perusahaan dari berbagai sektor.
Di bidang perbankan, Telco Verify telah digunakan oleh mitra bisnis Telkomsel salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan memberikan dampak positif.
Sejak implementasi Telco Verify, BRI melaporkan adanya penurunan kasus social engineering pada aplikasi BRImo secara signifikan. Dengan mengimplementasikan solusi Telco Verify dari Telkomsel Enterprise, BRImo dapat meningkatkan perlindungan kepada pelanggannya secara signifikan.
Fitur verifikasi identitas real-time ini dirancang untuk memastikan setiap transaksi yang dilakukan melalui BRImo terlindungi dari risiko kejahatan dunia maya. Dengan penerapan Telco Verify sebagai teknologi keamanan terkini, BRImo memastikan setiap interaksi nasabah dengan layanan perbankan digital ini dilakukan dengan tingkat perlindungan yang tinggi, sehingga memberikan rasa aman dan keyakinan yang lebih besar terhadap keamanan data pribadi.
Vice President Solusi Data dan Layanan Keuangan Digital Telkomsel, Alfian Manullang mengungkapkan, menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia mengalami lebih dari 361 juta serangan siber pada tahun 2023. Serangan tersebut mencakup berbagai jenis ancaman. seperti malware, Trojan, bahkan ransomware.
“Menyikapi data tersebut, Telkomsel fokus menyediakan layanan sibernya untuk mendukung perusahaan menjamin keamanan data pribadi pelanggan. Keberhasilan Telkomsel dalam meningkatkan perlindungan transaksi pelanggan BRImo tidak hanya menunjukkan efektivitas Telco Verify dalam mengurangi risiko. risiko ancaman keamanan, namun juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital BRI, serta meminimalkan potensi kerugian finansial dan kerusakan reputasi akibat serangan siber, ujarnya. .
Selain itu, Alfian berharap kemampuan Telco Verify dalam menghadirkan pengalaman autentikasi digital yang seamless dapat membantu mendukung transformasi digital di sektor industri lainnya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan digital bagi para pelaku bisnis di seluruh Indonesia agar berani semakin aman. Melalui Telkomsel Enterprise, portofolio produk dinamis dari TelkomGroup yang berfokus pada layanan B2B, Telkomsel yakin harus ada solusi yang berani dan lebih aman untuk setiap kebutuhan bisnis.
Menanggapi tantangan bisnis terkini di era digital, Telco Verify semakin memperkuat posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka yang menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif dan unggul kepada masyarakat untuk menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.
(dk)