JAKARTA – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025, PT XL Axiata memastikan kesiapan jaringannya menghadapi kemungkinan puncak trafik di seluruh layanan selama libur panjang ini. XL Axiata memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik sebesar 10% hingga 20% dibandingkan rata-rata trafik pada hari kerja normal.

Peningkatan trafik antara lain didorong oleh semakin intensifnya penggunaan berbagai layanan digital berkapasitas tinggi oleh pengguna yang biasa digunakan untuk meliput masa libur panjang. Pelanggan diharapkan dapat mengirimkan konten video atau foto dalam jumlah besar, serta akses streaming untuk video, musik, dan game. Jejaring sosial seperti Instagram, Tik Tok Facebook juga diharapkan bisa menjadi sasaran pelanggan untuk menghabiskan liburannya dengan berbagi momen kemeriahan Natal.

“Dari berbagai pemberitaan media, kami melihat antusiasme masyarakat yang besar dalam merayakan dan memeriahkan kemeriahan tahun baru. Riset Kementerian Perhubungan menunjukkan potensi pergerakan masyarakat pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang, kata Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiat I Gede Darmayusa dalam siaran pers. Senin (12 September 2024).

“Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan trafik layanan telekomunikasi dan data. Untuk itu XL Axiata memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2 kali lipat dari hari biasa agar tetap aman jika terjadi bencana besar. peningkatan lalu lintas.”

Gede menambahkan, selain peningkatan trafik layanan seluler, juga akan terjadi peningkatan trafik ke rumah dan layanan Internet konvergen, baik XL SATU maupun First Media. XL Axiata juga memperkirakan akan terjadi peningkatan karena semakin banyak masyarakat yang mengakses layanan ini saat menghabiskan liburan di rumah.

Upaya penyiapan jaringan XL Axiata antara lain peningkatan kapasitas, optimalisasi kawasan destinasi wisata dan jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selain itu, di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta berkecepatan tinggi. Tim teknis XL Axiate memperkirakan trafik massal akan terkonsentrasi pada jalur mudik melalui tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan.

Tim XL Axiata juga mengidentifikasi kota-kota yang rawan kemacetan, termasuk destinasi wisata dan hub lalu lintas, serta titik-titik rawan kemacetan. Untuk itu telah disusun rencana rekayasa jaringan jika terjadi kemacetan lalu lintas di lokasi, termasuk mengerahkan armada Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diperkirakan akan mengalami puncak kemacetan lalu lintas. Total ada sekitar 127 MBTS yang dipasang di sepanjang jalan raya, keramaian tahun baru, tempat wisata dan ruang publik lainnya.

Kota-kota yang diperkirakan akan mengalami peningkatan traffic adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan liburan masyarakat, seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Peningkatan lalu lintas diperkirakan terjadi di daerah yang banyak masyarakat Kristennya merayakan Natal, seperti Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain, yang dapat menyebabkan terganggunya pasokan listrik ke BTS. Untuk itu, selama musim liburan kali ini, ada orang-orang di lapangan yang akan standby 24 jam sehari. Selain itu, terdapat tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui Service Quality Control Center XL Axiata – Customer Experience and Service Operations Center (CE&SOC) yang berlokasi di kantor pusat di Jakarta.

Ketersediaan layanan pelanggan 24 jam sehari

Sementara itu, tim customer support XL Axiata juga siap melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan selama libur panjang. Untuk menjamin layanan pelanggan yang optimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 agen layanan pelanggan melalui layanan call center dan layanan dukungan digital. Layanan pelanggan ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

XL Axiata juga telah menyiapkan berbagai konten dan infrastruktur, baik melalui telepon maupun melalui layanan digital yang dapat dilakukan dari rumah, di antaranya layanan online XL Center, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet serta sebagai saluran digital seperti; Email, Facebook, Instagram dan Live Chat, untuk mengatasi dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan terkait keluhan layanan dan informasi produk kepada pelanggan setia.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mendapatkan layanan termasuk berbagai produk di 90 center XL yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di beberapa kota, XL Center tetap buka di hari Natal dan Tahun Baru, terutama di pusat perbelanjaan atau mall. Pada tahun-tahun sebelumnya, setiap libur panjang baik lebaran maupun menjelang akhir tahun, jumlah pengguna yang merespon call center dan dukungan digital mengalami penurunan dibandingkan hari-hari biasa.

Dari total pengguna yang dihubungi, persentase topik yang sering ditanyakan pengguna antara lain layanan internet dan paket roaming, produk/layanan terkait, cara aktivasi nomor dan kartu, serta aplikasi MyXL dan AXISNet. Demi kenyamanan pelanggan, rincian jam buka dan lokasi XL Center dapat diakses melalui https://www.xl.co.id/banton/xlcenter-location.

Secara nasional, XL Axiata memiliki lebih dari 58,6 juta pengguna dan didukung lebih dari 165.000 BTS yang sebagian besar merupakan BTS 4G, serta backbone jaringan fiber optic sepanjang 190.000 km yang mendukung jaringan data terdistribusi. di sebagian besar kepulauan Indonesia yang luas. XL Axiata juga terus melakukan investasi pada jaringan optik, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan meningkatnya trafik data.

(dk)