JAKARTA – PT XL Axiata tengah melakukan uji coba layanan registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik pengenalan wajah. Uji coba layanan inovatif ini dilakukan di XL Center Gandaria City, Jakarta, China (12/9/2024).

Proses uji coba registrasi kartu lama menggunakan teknologi biometrik face recognition ini dilakukan di bawah pengawasan langsung Kepala Badan Monitoring dan Evaluasi Jasa Telekomunikasi serta tim perlindungan pelanggan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumini. 

Acara tersebut juga disaksikan oleh Direktur Jenderal Pos dan Informatika Kominfo Wayan Toni Supriyanto, Director & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya dan Director & Chief IT Digital Officer XL Axiata Rico Usthavia Frans. .   Yessie mengatakan, sebagai perusahaan telepon seluler yang mengikuti perkembangan teknologi, pihaknya terus berinovasi dan menggunakan teknologi terkini untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik. 

“Kami berharap inovasi ini dapat memberikan kemudahan, keamanan, kecepatan dan mengurangi kemungkinan pemalsuan data atau identitas ganda,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (13/09/2024).

Ia menambahkan, teknologi pengenalan wajah kini banyak digunakan di berbagai sektor seperti perbankan dan keamanan. Kini XL Axiata menjadi salah satu pionir penggunaannya di sektor seluler.  Dengan pengujian ini, XL Axiata berharap mendapatkan respon yang #lebih baik dari pelanggan dan pemangku kepentingan untuk memungkinkan penerapan teknologi ini di masa depan.

Pada proses registrasi kartu biometrik lama, pelanggan XL Axiata akan diminta untuk memindai wajah menggunakan perangkat yang disediakan pada proses registrasi kartu lama. 

Data biometrik yang dikumpulkan akan secara otomatis diverifikasi identitas organisasi pemerintah di bidang kependudukan. Hal ini untuk memastikan bahwa pelanggan yang mendaftar adalah pemilik sertifikat.

Teknologi pengenalan wajah biometrik ini juga memungkinkan informasi lebih detail sekaligus mempercepat registrasi kartu lama. Selain itu, proses ini mematuhi standar Kenali Pelanggan Anda (KYC) yang ditetapkan oleh industri untuk memastikan keaslian data pelanggan dan mengurangi risiko penipuan atau penyalahgunaan. 

Peningkatan layanan pelanggan ini merupakan bagian dari upaya XL Axiata dalam memenuhi peraturan pemerintah terkait registrasi nomor prabayar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan dan mencegah penyalahgunaan layanan seluler.   

(kesalahan)